PAMERAN ~SENI BUDAYA


                           PAMERAN 

Pameran adalah kegiatan yang dilakukan untuk menyampaikan ide atau gagasan melalui karya seni rupa sehingga dapat diapresiasi oleh banyak orang. Penyelengaraan pameran tidak hanya dapat dilakukan oleh para seniman besar namun penyelenggaan pameran dalam konteks pembelajaran dapat dilakukan di sekolah ataupun luar sekolah.

Alamat web 
https://www.pelajaran.id/2017/18/pengertian-pameran-seni-rupa-fungsi-tujuan-dan-jenis-pameran-serta-unsur-unsur-pameran-lengkap.html

📌📌📌📌📌📌📌📌📌📌📌📌📌
Pameran Karya Seni Rupa adalah kegiatan yang dilakukan oleh para seniman baik itu perorangan ataupun kelompok untuk menyampaikan ide gagasan pada masyarakat melalui media seni rupa sehingga pameran tersebut dapat menjadi alat komunikasi antara seniman dengan sang apresiator.

Alamat web
https://www.pelajaran.id/2017/18/pengertian-pameran-seni-rupa-fungsi-tujuan-dan-jenis-pameran-serta-unsur-unsur-pameran-lengkap.html

📌📌📌📌📌📌📌📌📌📌📌📌📌
Fungsi Pameran Karya Seni Rupa
Pameran karya seni rupa memiliki berbagai fungsi sosial bagi masyarakat, diantaranya:
1. Sebagai sarana edukasi yakni pameran berfungsi mendidik siswa untuk mengetahui pentingnya pengalaman batin yang berguna untuk menyeimbangkan kegiatan akal dan pikiran manusia.
2.Sebagai sarana apresiasi yakni Pameran tersebut diadakan berfungsi untuk mengeluarkan ide gagasan pencipta yang kemudian para pengunjung akan memberikan apresiasi atau memberi penilaian terhadap karya seni yang mereka buat, proses apresiasi dapat dibedakankan menjadi 2 yaitu apresiasi aktif dan apresiasi pasif.
3. Sebagai sarana prestasi yakni pameran dapat menjadi ajang kompetisi bagi para pencipta seni, karena melalui karya seni kita akan tahu setinggi apa keaktifan dan kreativitas pencipta seni dalam membuat karya.
4. Sebagai sarana rekreasi yakni Pameran dapat berfungsi sebagai tempat untuk merilekskan pikiran dan menghilangkan kejenuhan atas  kegiatan atau rutinitas sehari-hari baik itu sekolah, kerja atau sebagainya yang banyak menguras energi dan pikiran.
Alamat web
https://www.pelajaran.id/2017/18/pengertian-pameran-seni-rupa-fungsi-tujuan-dan-jenis-pameran-serta-unsur-unsur-pameran-lengkap.html

Tujuan Pameran Seni Rupa

Ada beberapa tujuan diadakannya pemeran disekolah, diantaranya:
  1. Tujuan sosial berarti bahwa kegiatan pameran seni rupa baik skala besar maupun skala terbatas di sekolah. Karya seni yang dipamerkan dipergunakan untuk kepentingan sosial. 
  2. Tujuan komersial pameran berkaitan dengan kegiatan untuk menghasilkan profit atau keuntungan terutama bagi seniman dan penyelenggara penyelenggara pameran.  Berkaitan dengan tujuan komersial, sebuah kegiatan pameran diselenggarakan dengan harapan karya yang dipamerkan terjual dan mendatangkan keuntungan bagi pemilik karya atau penyelenggara pameran.
  3. Sedangkan tujuan kemanusiaan kegiatan pameran adalah untuk kepentingan pelestarian, pembinaan nilai-nilai, dan pengembangan hasil karya seni budaya yang dimiliki oleh masyarakat.  Jika pameran bertujuan sosial kemanusiaan, maka dana hasil penjualan karya akan digunakan untuk kegiatan sosial kemanusiaan seperti disumbangkan ke panti asuhan, masyarakat tidak mampu atau korban bencana alam.
  4. Dalam konteks pembelajaran atau pendidikan seni rupa di sekolah, tujuan utama pameran disekolah adalah untuk mendapatkan apresiasi dan tanggapan dari pengunjung dalam rangka meningkatkan kualitas berkarya selanjutnya serta peningkatan wawasan kesenirupaan

Alamat web

http://www.mikirbae.com/2016/03/tujuan-manfaat-dan-fungsi-pameran-seni.html?m=1
📌📌📌📌📌📌📌📌📌📌📌📌📌📌📌

Jenis-Jenis Pameran

Berdasarkan waktu penyelenggaraan pameran bisa dibedakan menjadi 3 jenis, yaitu:
  1. Pameran periodik, yaitu pameran yang diselenggarakan secara teratur dalam waktu tertentu, misalnya sebulan sekali atau setahun sekali.
  2. Pameran insidental, yaitu pameran yang diselenggarakan jika diperlukan, sehingga waktunya tidak bisa ditentukan.
  3. Pameran permanen, yaitu pameran yang diadakan dengan tempat yang tetap dan dibuka dengan waktu yang telah ditentukan. Contohnya: pameran di museum.
Alamat web 

http://www.yuksinau.id/jenis-unsur-fungsi-tujuan-pameran-seni-rupa/#!


Pameran berdasarkan pada jumlah seniman yang tampil dibedakan menjadi dua, yaitu pameran:
  1. Pameran tunggal, yaitu pelaksanaan pameran yang di dalamnya hanya menampilkan karya satu orang seniman saja.
  2. Pameran kelompok, yaitu pelaksanaan pameran yang didalamnya diikuti oleh beberapa seniman sebagai pesertanya dengan menampilkan karya-karyanya dalam satu tempat.

Alamat web

https://sanggarmodel.blogspot.com/2017/06


Pameran dilihat dari ragam jenis karya yang ditampilkan di bedakan menjadi 2, yaitu pameran 
  1. Pameran homogen, yaitu penyelenggaraan pameran dengan menampilkan karya seni dari salah satu cabang seni saja. Karya seni yang dipamerkan tersebut tidak tergantung dari jumlah peserta pameran atau pemilik karya. Contoh Pameran Seni Lukis, maka yang dipamerkan adalah karya seni lukis.
  2. Pameran heterogen, yaitu penyelenggaraan pameran yang yang diikuti atau di dalamnya menampilkan beberapa cabang seni rupa pada waktu dan tempat, serta peristiwa yang sama. Contoh, pameran campuran yang di dalamnya dipamerkan berbagai jenis karya seni rupa seperti lukisan, foto, gerabah, grafis, dll. Sama halnya dengan pameran homogen, dalam pelaksanaan pameran heterogen juga tidak terpengaruh dengan jumlah peserta pameran atau pemilik karya (seniman)

Alamat web 
https://sanggarmodel.blogspot.com/2017/06/jenis-pameran-seni-rupa.html?m=1

📌📌📌📌📌📌📌📌📌📌📌📌📌📌📌📌📌📌


Alamat web saya:👐👇

👉  https://wimbimamex.blogspot.com/?m=1


Komentar

Postingan populer dari blog ini

FIBERGLASS